Selasa, 17 Februari 2015

Akibat Berbuat Bid'ah







1. Amal bid’ah yang dilakukan itu tidak mendapat pahala, bahkan mendapatkan dosa.

Dalilnya adalah hadits Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah  bersabda:
“Barangsiapa yang membuat perkara baru di dalam urusan kami ini (agama) yang tidak ada asalnya darinya maka amalannya tertolak.” [HR Al Bukhari (2697) dan Muslim (1718)]

2. Pelakunya terjatuh ke dalam kesesatan karena bid’ah adalah sesat.

Dalilnya adalah hadits Al Irbadh bin Sariyah radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah   bersabda:

“Jauhilah segala perkara baru (di dalam agama) karena sesungguhnya setiap perkara baru di dalam agama adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah kesesatan.” [HR Abu Daud (4607). Hadits shahih]

3. Pelaku bid’ah tidak diterima taubatnya sampai dia meninggalkan bid’ahnya.

Dalilnya adalah hadits Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah menghalangi taubat dari setiap pelaku bid’ah sampai dia meninggalkan bid’ahnya.” [HR Ath Thabrani. Lihat At Targhib wat Tarhib. Sanadnya hasan]

4. Pada hari kiamat kelak tidak akan bisa melewati telaga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Padahal dengan sekali meminum air di telaga tersebut maka orang yang meminumnya tidak akan haus lagi selamanya.

Dalilnya adalah hadits Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah   bersabda:

“Saya adalah pendahulu kalian di telaga (Al Haudh, pada hari kiamat). Siapa yang melewatinya akan meminum airnya. Barangsiapa yang meminum airnya maka dia tidak akan haus lagi selamanya. Sungguh akan melewatiku suatu kaum yang aku mengenal mereka dan mereka mengenalku. Kemudian aku dan mereka dipisahkan. Nabi berkata: “Sesungguhnya mereka adalah bagian dariku.” Lalu ada yang menjawab: “Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) tidak mengetahui perubahan (di dalam agama) yang mereka lakukan.” Maka aku berkata: “Betapa jauhnya (dariku) orang yang mengubah (agama) setelah kematianku.” [HR Al Bukhari (7050) dan Muslim (2291)]

5. Pelaku bid’ah seolah-olah dan secara tidak langsung menuduh Nabi Muhammad  tidak amanah dalam menyampaikan agama ini dan telah berkhianat dari sisi mereka menganggap beliau tidak menyampaikan seluruh ajaran agama Islam kepada umat.

Imam Malik rahimahullah berkata: “Barangsiapa yang melakukan bid’ah di dalam Islam yang dianggapnya baik (hasanah), maka sungguh dia telah menganggap (Nabi) Muhammad telah mengkhianati risalah (kenabian) karena Allah ta’ala berfirman: “Pada hari ini Aku telah menyempurnakan agama kalian untuk kalian.” [QS Al Maidah: 3]. Perkara apa saja yang pada masa itu (masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hidup) bukan dianggap agama, maka pada hari ini pun bukan dianggap sebagai agama.”

6. Termasuk orang terlaknat.

Nabi sholallohu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa mengada-adakan suatu perkara yang baru (bid’ah) atau mendukung pelaku bid’ah maka akan mendapatkan laknat Allah, para malaikat dan manusia semuanya.” (HR. Bukhori dan Muslim)

7.. Pelaku bid’ah tidakmudah melakukan taubat.

Nabi sholallohu ‘alaihi wa salam bersabda, “Sesungguhnya Allah mencegah pelaku bid’ah melakukan taubat.” (HR. Thobrony, Baihaqi).

Hal ini dikarenaka pelaku bid’ah tidak sadar bahwa dirinya telah berbuat dosa dengan perbuatan bid’ahnya bahkan menyangka telah berbuat amal yang saleh, maka menjadi terbaliklah baginya antara yang benar dan yang salah.

Barakallah fiikum

Wallahu a'lam bish shawab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar